MAAFIN LAH

Bacaan> Matius 18:21-35

Nats> Mat 18:33

“Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku (Tuhan) telah mengasihani engkau?”

Bro n Sist, beberapa hari lalu gw baca sebuah tulisan di Path yang isinya gini:

PEOPLE COME AND GO

Yang tadinya kenal dekat, tegor-tegoran tiap hari, bercandaan bareng…Bisa berubah kayak gak kenal,negor pun males apalagi buat nanya, senyum pun kepaksa dan ngomong seadanya aja.

Makanya kalo ada yang salah, coba diomongin, biar gak jadi penyakit hati!!!

Nah, sejenak gw renungin dan gw merasa kejadian ini sering banget dialamin sama anak-anak muda seperti kita. Emosi dan egois kita yang tinggi dan cenderung meledak-ledak membuat kita seringkali mudah tersinggung, marah, dan akhirnya bermusuhan. Biasanya sikap ini kita kenal juga dengan “senggol bacok”, hehehe….

Tapi coba kita balik lagi ke firman Tuhan tentang hal ini. Tuhan Yesus memberikan sebuah perumpamaan tentang seorang raja yang mengampuni seorang hamba atas utang-utang yang ia miliki. Dengan penuh kebijakan, raja tersebut mengampuni bahkan menghapus utang-utang sang hamba. Hingga pada suatu hari, sang hamba ini juga menagih utang yang dimiliki oleh kawannya. Sayangnya, hamba ini tidak bijak dan ia justru memasukan kawannya ke dalam penjara karena utang. Seharusnya sang hamba ini sadar bagaimana kebijakan sang raja udah bebasin dia dari utang, dan dia pun bisa melakukan hal yang sama terhadap kawannya. Tapi, sang hamba ini memilih untuk tidak mengampuni.

Inilah yang sering kita alami, guys. Kita sering banget dendam,marah dan gak mau ngasih ampun sama orang yang udah salah terhadap kita. Kita milih buat nyimpen penyakit dan menyalahkan sesama kita tanpa ampun sama sekali. Padahal, seharusnya kita sadar bagaimana Tuhan begitu pemurah dan udah mengampuni seluruh dosa-dosa kita di kayu salib.

Bro n Sist, Tuhan menghendaki kita pun bisa mencontohNya dalam mengampuni. Penghakiman atas kesalahan seseorang seharusnya bukan hak kita. Kita hanya perlu menegor dan mengingatkan bila ada seseorang yang bersalah. Selebihnya, pengampunan yang harus kita berikan karena Tuhan udah lebih dulu mengampuni dosa-dosa kita. Come on, jadi terang dan garam di dunia yuk. Biar KASIH Tuhan Yesus nyata lewat semua perbuatan yang kita lakukan.

Have a great day guys!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s