IRONI KEKERINGAN DI TANAH YANG SUBUR

image_1

Langit yang biru berawan putih memayungi sebuah desa yang tenang dan begitu damai. Kelembutan serta ramah penduduknya begitu terasa di desa yang berada di wilayah selatan pulau Jawa. Desa Gambir Manis, itu namanya. Terletak di kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Situasi yang begitu tenteram terasa terpancar dari tiap sudut wilayah pusat Desa. Atmosfir teduh dan begitu jauh dari keramaian mewarnai indahnya desa yang berpenduduk kurang lebih 5000 orang ini. Mereka umumnya adalah petani yang memiliki ladang begitu subur. Sayur-sayuran dan berbagai macam buah adalah hasil pertanian yang selama ini menopang kehidupan mereka. Namun, siapa sangka Desa yang nyaris sempurna untuk disebut Desa ini menyimpan kegelisahan yang luar biasa.

Wilayah Desa Gambir Manis merupakan bagian dari pegunungan karang yang terhampar di sepanjang Kabupaten Wonogiri. Dapat dikatakan bahwa Desa ini berada di dataran tinggi antara pegunungan karang sehingga tidak heran udara yang dirasakan pun begitu sejuk. Secara geografis memang seharusnya wilayah Desa ini memiliki sumber air bersih yang melimpah. Namun justru sebaliknya, Desa ini dianugerahi sebuah permasalahan pelik terkait sumber air bersih.

image1

Penduduk Desa Gambir Manis harus berjuang dengan kondisi wilayah mereka yang tidak memiliki mata air satu pun. Setiap musim penghujan, mereka benar-benar mengandalkan air hujan yang akan mereka tampung di kolam-kolam buatan dan harus mereka gunakan seefektif mungkin. Parahnya, ketika musim kemarau tiba, Desa yang berhawa sejuk ini justru akan semakin mengering dan semakin kesulitan mendapatkan air bersih karena hujan yang mereka andalkan jarang sekali turun. Akhirnya, ketika kemarau biasanya mereka harus membeli air bersih dari kota yang didistribusikan menggunakan truk tanki. Tidak gratis seperti halnya air tanah, penduduk Desa Gambir Manis harus membayar kurang lebih sebesar Rp 100.000,- untuk setiap tanki yang mereka pesan. Harga ini pun masih tergantung jarak yang harus ditempuh truk untuk distribusi karena wilayah Desa Gambir Manis ini juga cukup luas.

image_1(1)

image3

Masalah air bersih untuk kehidupan sehari-hari adalah masalah terbesar yang dirasakan oleh seluruh warga Desa Gambir Manis. Masalah ini sudah mereka tanggung sejak lama dan mereka pun masih terus bertahan dengan kondisi ini hingga sekarang. Tidak jarang para penduduk yang sebagian besar adalah kaum lansia mengalami permasalahan dengan kulit mereka karena jarang mandi. Mereka biasanya benar-benar irit dengan penggunaan air bersih dan memprioritaskan penggunaan air untuk yang lebih penting seperti memasak dan kebutuhan minum ternak mereka.

Kondisi yang terjadi di Gambir Manis adalah sebuah ironi yang merupakan masalah besar di Indonesia. Bagaimana mungkin, sebuah Desa yang subur dan maju dalam pertanian tidak memiliki sumber air bersih. Penduduk Gambir Manis sebenarnya sudah beberapa kali mencoba mengebor tanah untuk mencari sumber air bersih, namun semuanya berujung pada kegagalan. Ternyata kondisi tanah di wilayah ini memang cukup unik.

image

Desa Gambir Manis adalah salah satu keunikan yang dimiliki Indonesia. Hal ini merupakan keunikan yang juga merupakan sebuah kenyataan dimana masih banyak penduduk Indonesia yang membutuhkan uluran tangan saudara sebangsa untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi. Segala keterbatasan yang dimiliki Desa Gambir Manis akan menjadi sebuah ironi ketika kita melihat kehidupan perkotaan yang tidak memiliki masalah yang sebanding. Kita, warga Indonesia yang hidup di kota besar seharusnya dapat lebih bersyukur dengan kondisi berkecukupan yang kita miliki. Masih banyak saudara-saudara sebangsa kita yang terus berjuang dengan masalah-masalah seperti kekurangan air ini, sedangkan kita justru terus membuang-buang air bersih di perkotaan. Seharusnya kita mulai bersyukur dengan kondisi kita yang lebih baik dan berpikir tentang apa yang dapat kita lakukan untuk Bangsa Indonesia yang seperti penduduk Desa Gambir Manis.

@phosphone I ironi_kekeringan I 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s