Korban Pertama dalam Perang

  
Apa yang kau cari dalam sebuah peperangan?

Kau bilang, mari berperang demi keadilan. Membunuh adalah halal bila diperlukan, bahkan kematian kadang diharapkan demi mencapai sebuah kemenangan. Perang adalah sebuah perjuangan layaknya pepatah yang mengatakan hidup adalah perjuangan tanpa henti. Kehidupan mempunyai tujuan dan untuk mencapai tujuan itu kau bilang harus berjuang, salah satunya adalah dengan berperang.

Pada belahan bumi lain, kau mengatakan bahwa kau perang untuk bertahan. Ketika pagar yang kau anggap harga diri mulai dilangkahi orang maka harus dihadapi dengan berperang. Harkat hidup tertinggi manusia kau bela dengan perang. Angkat pedang dan arahkan pucuk senjata demi sesuatu yang kau anggap nilai sejati manusia. Pertahananmu adalah berperang.

Bagi kau yang ada di sisi teraman, perang adalah sebuah pilihan. Bahkan ketika tidak ada jalan, perang pun menjadi jawaban. Perang untuk sebuah harapan, tidak jarang demi kemenangan. Padahal, sejatinya di dunianhanya ada kalah dan menang. Bila kalah berarti kau tidak menang dan bila menang berarti kau tidak kalah.

  

Ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun perang telah menemukan eksistensinya dalam satu titik yang sangat nyaman. Perang adalah cara bagi manusia untuk berlaku liar layaknya binatang yang membunuh untuk makan. Namun bukankah manusia memiliki akal? Sedangkal itukah sehingga perang menjadi pilihan?

Dalam perang, pasti timbul korban. Lalu kau berteriak, itulah gunanya perang, supaya tidak lagi ada tambahan korban. Dia harus mati agar kau tetap hidup, atau dia hidup dan kau akan mati. Apakah kita Tuhan sehingga berhak untuk menentukan? 

Kemudian, kau bicara tentang kebenaran….

…..padahal, KEBENARAN adalah “korban” pertama dalam setiap peperangan.

  
Inspired by: Eye in The Sky (Movie,2016)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s